cara mudah mengetik dengan 10 jari

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial tentang cara mengetik menggunakan 10 jari dengan mudah dan gampang untuk di praktekan bagi anda semua yang belum terbiasa mengetik menggunakan 10 jari tangan yang anda miliki.


Mengetik dengan menggunakan 10 jari adalah sistem mengetik dengan memanfaatkan seluruh jari tangan, dan di masing-masing jari jga memiliki tugas yang berbeda untuk menekan tombol pada keyboard. Tugas dari masing-masing jari dapat anda lihat di bawah ini:

mengetik dengan 10 jari

Tombol Q, A, Z adalah tugas jari kelingking kiri.
Tombol W, S, X adalah tugas jari manis kiri.
Tombol E, D, C adalah tugas jari tengah .
Tombol R, F, V, T, G, B adalah tugas jari telunjuk kiri.
Tombol Y, H, N, U, J, M adalah tugas jari telunjuk kanan.
Tombol I, K, (Koma) adalah tugas jari tengah kanan.
Tombol O, L (Titik) adalah tugas jari manis kanan.
Tombol P, (Titik Koma ;) dan ( Tanda Tanya ?) adalah tugas jari kelingking tangan.

Tujuan dari sistem ini adalah supaya kita bisa mengetik dengan cepat, dengan sistem ini kita tidak perlu lagi memperhatikan lagi satu persatu tombol keyboard yang akan ditekan karena jari-jari yang sudah terbiasa terlatih.

  • Posisi jari dan telapak tangan
Selama kita mengetik, kita menempatkan setiap jari di tombol yang disebut dengan terminal, setiap menekan tombol-tombol tertentu, jari berpindah ke tombol tersebut kemudian kembali lagi ke tombol terminalnya masing-masing jari, silahkan lihat gambar di bawah ini :




Pada saat kita meletakkan jari-jari tombol terminal, masing-masing mengatur agan beban telapak tangan kita dibagi secara merata pada semua jari tangan. Apabila sebuah jari akan menekan tombol tertentu, beban tumpuan dipindahkan ke jari-jari yanglainnya.

Selama mengetik telapak tangan tidak boleh menyentuh keyboard ataupun meja komputer, bila telapak tangan di atas meja ataupun keyboard kita akan merasa kesulitan untuk menggerakan jari-jari pada saat akan menekan tombol-tombol tertentu.

Karakteristik jari

Untuk cara mengetik dengan menggunakan 10jari kita harus mengetahui karakteristik dari jari tangan kita, masing-masing jari memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ibu jari merupakan jari yang paling kuat, namun tidak memiliki jangkauan yang panjang dan hanya memiliki ruang bebas kebagian samping telapak tangan.

Diantara jari keempat yang lain jari telunjuk merupakan jari yang mudah untuk kita gerakkan dan mempunyai kekuatan yang besar untuk menekan tombol paling banyak, sehingga kita tidak heran kenapa jari telunjuk mempunya itugas yang paling banyak untuk menekan.


Dibandingkan jari telunjuk, jari tengah memang sulit untuk di gerakkan, namun jari tengah dapat dengan mudah untuk dilatih. Jari manis jauh lebih sukar untuk digerakkan di antara jari-jari yang lainnya, sehingga untuk melatih jari tengah memang sangatlah lama dan suit sekali merespon untuk menekan tombol.

Langkah-langkah latihan mengetik.

Untuk menjadi seorang yang mahir mengetik sistem dengan 10 jari perlu dilakukan latihan, ada beberapa tahap untuk melatih 10 jari tangan kita.

  • Menempatkan sepuluh jari tangan kita di keyboard dengan benar merupakan langkah awal yang harus anda lakukan dengan benar. Anda harus menempatkan jari dengan benar di tombol yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah kita bahas tadi di atas.


Seluruh jari-jari harus menempel keyboard dan telapak tangan tidak boleh menempel di keyboard ataupun di meja komputer, bila telapak tangan menempel di keyboard atau di atas meja komputer, kita akan sulit untuk memindahkan jari dari tombol satu ke tmbol yang lainnya.

  • Melatih sebuah jari untuk menekan sebuah tombol tertentu, misalnya melatih jari telunjuk untuk menekan tombol J, untuk melatih jari telunjuk menekan tombol J, caranya tekanlah tombol J dengan jari telunjuk kemudian ibu jari menekan tombol space, dan gunakan metode ini untuk melatih jari yang lainnya dengan menekan tombol yang sesuai dari ketentuan tugas masing-masing jari. Kegunannya adalah supaya kita hafal betul letak dari huruf-huruf di keyboard.

  • Melatih kombinasi jari
Setelah melatih kombinasi jari tertentu dengan menekan tombol-tombol tertentu, selanjutnya melatih jari untuk menekan kombinasi tombol, misalnya melatih jari-jari untuk menekan tombol J K F D.

  • Melatih 10 jari untuk membuat kata 

Selanjutnya adalah melatih sepuluh jari untuk mengetik dengan membuat kata, contoh membuat kata "Rajin" secara berulang-ulang sampai satu halaman.

  • Melatih kecepatan mengetik dengan 10 jari
Tahap terakhir adalah mengetik sepuluh jari dengan cepat, kecepatan kita mengetik sangat tergantung pada tahap awal, kita berlatih dan menerapkan dasar-dasar cara mengetik yang benar. Bila kita sudah menerapkan menerapkan langkah-langkah di atas dengan benar, maka dengan sedikit saja latihan kita akan mampu untuk mengetik menggunakan 10 jari dengan cepat.

Pelajari juga : Cara hasilkan seratus ribu sehari dengan Bisnis PPC AdsenseCamp

Nah, sekian tutorial tentang Cara Mengetik Dengan 10 Jari yang saya dapatkan dari Sumber: http://www.pintarkomputer.org/

Semoga bermanfaat untuk anda semua, silahkan jika yang ada ditanyakan seputar topik artikel ini, tanyakan dengan cara berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Terimakasih.

Tags. Cara mudah belajar Mengetik menggunakan 10 Jari tangan

12 komentar:

  1. teknik canggih nih..
    nice gan
    biar ane ngetiknya tambah cepet

    ReplyDelete
  2. Mantap nih bisa jadi pemlajaran, nice gan

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. yang penting agar bisa mengetik dengan semua jari secara cepat adalah terus berlatih,,,

      Delete
  4. kalau saya sih sudah mengetik 10 jari walau memang kecepatannya masih agak meragukan.
    tapi salut, dengan membaca artikel ini jadi semangat untuk meningkatkan kecepatan menulis 10 jari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan gan, belajar terus biar ngetik pake 10 jari jadi cepet

      Delete
  5. Mantap nih,, nyoba belajar dulu ah,, :-D

    http://udabisnis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. silahkan gan di praktekkan,, semoga aja lancar

    ReplyDelete
  7. kalo ane fokus 6 jari gan.. biasa gamer hehe
    by: incarfakta dan sepintasseo

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.