inilah dampak negatif terlalu sering minum teh yang harus kamu ketahui

Siapa sih yang tidak mengenal minuman teh ini, minuman yang terbuat dari daun teh yang diolah sedemikian proses sehingga menghasilkan teh yang sangat nikmat untuk teman saat malam atau bersantai ini. Namun, jika terlalu sering minum minuman teh ini ternyata ada dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Minum teh secara berlebihan, anda akan mengalami gangguan kesehata pada tulang dan gigi. Hal tersebut telah di alami oleh seorang wanita di Detorit, Amerika Serikat. Wanita ini menderita rasa nyeri pada tulang bagian panggul, tangan, serta kaki.


Semula ia menduga dirinya menderita kanker, tetapi hasil pemeriksaan dokter menunjukan nyerinya itu karena asupan teh yang berlebihan. Wanita ini setiap harinya mengkonsumsi satu pitcher teh yang dibuat dari 100-150 kantong teh celup yang dibelinya.

Karena konsumsi teh yang berlebihan ini darah si wanita mengandung fluoride dalam jumlah tinggi sehingga ia mengalami gejala tulang yang terlalu padat, serta giginya menjadi rapuh.
Kadarnormal konsentrasi fluoride pada darah manusia adalah kurang dari 0,10 mg/liter, namun kandungan fluoride pada darah wanita ini mencapai 0,43 mg/liter, lebih dari 4 kali lipat batas normal. 

Satu pitcher teh yang dibuat wanita tersebut mengandung sekitar 20 miligram fluoride yang masuk kedalam tubuhnya.
bahaya keseringan minum tehOleh Dokter, wanita tersebut dimintai untuk mengurangi konsumsi teh di setiap harinya. Akhirnya gejala nyeri yang dirasakan mulai berkurang, dan sebenarnya tubuh bisa secara alami untuk mengeluarkan fluoride, tetapi Dokter memberikan suplemen hormon paratiroid untuk mempercepat pengeluaran fluoride dari dalam tubuhnya. Sumber: http//:Kompas.com
Disebutkan bahwa mengkonsumsi teh dalam jumlah yang besar seperti lebih dari 5 cangkir perhari dapat memicu timbulnya beberapa efek samping seperti :
  •  Terhambatnya penyerapan zat besi dari makanan, sehingga dalam jangka panjang dapat menimbulkan resiko anemia, atau memperberat gejala anemia yang ada.

  • Kecemasan dan Insomnia. Tingginya kadar kafein dalam darah dapat memperburuk gangguan kecemasan dan memperberat gejala insomnia, karena sifat nya yang menstimulasi jaringan saraf.

  • Gangguan pendarahan, kafein dalam tubuh dapat meningkatkan resiko pendarahan sehingga sebaiiknya dikurangi atau dihindari oleh penderita gangguan darah.

  • Osteoporosis. Teh bersifat diuretik, maka mengkonsumsi teh dalam jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan jumlah Kalsium yang taerbuang melalui urin.

  • Resiko penyakit jantung, kadar kafein dalam teh akan membuat jantuk berdetak lebih cepat, dikarenakan tekanan darah yang meningkat. Selain itu juga akan menimbulkan perasaan gelisah hingga mengalami arrhytmia yang artinya detak jantung tidak berirama. Bagi seseorang yang menderita penyakit jantung ini merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa berakibat  pada kondisi yang lebih buruk.

  • Sering mengalami sakit kepala, kondisi ini disebabkan dari mengkonsumsi teh manis ataupun tawar secara berlebihan. Minum teh dalam jumlah yang terlalu banyak dan tidak wajar akan menimbulkan rasa sakit kepala dan mulailah mengurangi konsumsi teh untuk tetap menjaga kesehatan tubuh anda.
Mungkin itu saja yang dapat saya berikan tentang Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Teh. Minumlah teh dalam jumlah yang sewajarnya saja dalam sehari, atau anda dapat menghindari meminum minuman teh ini dalam jumlah yang banyak dan selalu cek kesehatan tubuh anda secara rutin ke Dokter, sehingga jika ada suatu penyakit dalam tubuh anda dapat di obati dengan cepat.

Terimakasih juga sebelumnya saya ucapkan, Ajukanlah pertanyaan anda sesuai topik artikel di atas, saya akan menjawab sesuai dengan pertanyaan yang anda ajukan di kotak komentar yang tersedia di bawah.Terimakasih.

2 komentar:

  1. makasih infonya , padahal saya lebih suka minum teh ketimbang kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jangan terlalu banyak minum tehnya gan,,

      Delete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.