tips cerdas memilih niche blog untuk blogger pemula

Jika anda ingin membangun sebuah blog yang berkualitas dan ramai, anda perlu niche yang bagus dan berkualitas pula. Saya akan sedikit berbagi ilmu cara memilih niche blog, cara cerdas memilih niche blog supaya anda tidak kandas di tengah jalan saat menuju kesuksesan menjadi seorang blogger.

Sangatlah sulit untuk seorang yang sedang belajar ngeblog tanpa mengetahui niche blog yang akan digunakan dalam blognya. Tanpa bakat dan keahlian khusus, sulit untuk memikirkan niche apa yang cocok untuk blog kita agar banyak di kinjungi banyak orang. 

Ada beberapa tips untuk memilih niche blog yang akan anda gunakan untuk mengisi blog dengan tulisan-tulisan yang berkulitas dan mengundang banyak pengunjung untuk membacanya. Mari baca tulisan-tulisaan saya ini sampai selesai jika anda bingung memilih niche blog yang cocok untuk anda.
  • Pertama, pikirkanlah bakat alami anda.
cara memilih niche blog yang benar
memilih niche blog
Tanpa bakat alami, kita akan sulit untuk memilih niche blog yang cocok untuk kita gunakan sebagai pengisi blog kita. Untuk memilih niche blog yang akan anda pakai, sebaiknya buatlah blog dengan niche sesuai bakat dan kemampuan anda sendiri, jangan hanya ngikut-ngikut orang lain yang memiliki blog dengan niche berkualitas tapi anda tidak punya bakat di bidangnya.

Jika anda memiliki bakat membuat cerpen, buatlah blog dengan isi/konten tentang cerpen, dan jika anda berbakat dalam dunia bisnis online, maka buatlah blogdengan niche bisnisonline. Tapi, bagaimana jika anda tidak memiliki bakat tersendiri untuk membangun sebuah blog ?. 

Tenang, anda bisa memilih niche blog seperti blog saya ini, dengan niche gado-gado atau campuran, ada tutorial, ada game, bisnis online, template blogger, dan masih banyak lagi. Karena saya juga tidak memiliki bakat atau kekreatifan dalam menulis sebuah artikel yang bagus dan berkualitas.
  • Kedua, fokus.
Fokuslah kepada satu niche atau topik artikel blog saja, jangan terlalu banyak memikirkan niche yang anda sukai tetapi anda tidak bisa mengikuti niche tersebut, nanti bisa-bisa jadi seperti saya ini yang sangat sulit untuk menulis konten yang berkualitas dengan pemikiran niche sendiri tanpa bakat yang saya miliki.

Apabila anda fokus terhadap niche blog yang anda rasa mampu untuk membangunnya, silahkan buat blog dengan niche tersebut, dan terus fokus untuk mengembangkan tulisan-tulisan anda menjadi berkualitas untuk pengunjung blog anda nantinya.
  • Ketiga, terus berfikir kreatif.
Pikiran yang kreatif akan membuat mudah kita untuk memilih niche blog yang pas untuk kita dalami di dunia blogging ini, tanpa bakat alami pun anda juga bisa mengelola blog dengan niche blog yang kreatif. Jangan hanya menulis konten yang terlintas di benak anda saja, namun buatlah konten dengan pemikiran kreatif anda.

Sepertinya, kata-kata ini masih berantakan untuk di baca, jadi berfikirlh yang kreatif untu membangu sebuah blog yang berkualitas dan bagus untuk anda kelola sebagai penghasilan sampingan. Kreatif sangat diperlukan untuk seorang blogger yang tanpa memiliki bakat khusus seperti saya ini, yang bisanya cuma njiplak dan copas artikel milik blog orang lain..
  • Keempat, hasil ide kreatif kita sendiri. 
Alangkah baiknya jika kita menulis konten di blog dengan ide-ide anda sendiri dan dengan pemikiran kreatif anda sendiri, walaupun tulisan-tulisan tersebut tidak patut untuk di publikasikan dalam blog kita, namun akan lebih baik jika tulisan-tulisan kita berkualitas dan bagus.

Dengan demikian, maka selesailah tulisan-tulisan yang saya buat dengan pemikiran saya sendiri dan tanpa meniru gaya tulisan orang lain, dan pastinya sangatlah banyak yang harus di koreksi dari tulisan-tulisan saya di atas. Buatlah niche blog dengan kemampuan yang anda miliki, jangan meniru blog yang teerkenal tapi anda tidak memiliki bakat di bidangnya. 
  • Kelima, buat tulisan yang rapi dan menarik untuk dibaca.
Percuma saja anda menulis jika tulisannya kurang menarik untuk di baca pengunjung seperti tulisan saya ini, sebenarnya saya sulit sekali untuk menuis artikel ini, jadi apa yang terlintas di benak saya langsung menjadi ide yang kreatif sehingga saya berhasil membuat satu konten dengan pemikiran ide sendiri, walaupun masih berantakan, tetapi saya bangga jadi anak indonesia.

Baca Juga : Cara Ampuh agar artikel jadi page one Google

Jika ada yang ingin di yanyakan, tanyalankal dengan cara memberikan komentar anda di bawah artikel ini, saya akan menjawab sesuai pertanyaan yang anda ajukan, dan semoga tulisan-tulisan sederhana ini bisa membuat anda terinspirasi untuk meilih niche blog yang sesuai dengan anda. Terimakasih.

Tags. Memilih niche yang benar untuk Blogger Pemula

3 komentar:

  1. wahhh tipsnya bagus gan patut dicoba

    ReplyDelete
  2. Hmm kalau saya mah bikin blog cuman buat tempat corat coret ajah, untuk nuangin pemikiran. :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.