Buah Dan Sayur Yang Banyak Mengandung Vitamin A

Vitamin terdiri dari beberapa jenis, ada vitamin A, B, C, D, E, K, dan masih banyak lagi jenis vitamin yang lainnya. semua vitamin tersebut mempunyai manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda agar tetap sehat bugar dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari beberapa jenis penyakit. Vitamin A juga amat penting untuk menjaga kesehatan anggota tubuh kita agar tidak mudah lelah saat beraktifitas sehari-hari.

 Salah satu manfaat dari vitamin A ini adalah unuk menjaga kesehatan mata anda supaya terhindar ari penyakit mata dan untuk menjaga mata agar tetap sehat vitamin A termasuk salah satu vitamin yang dapat larut didalam lemak yang mempunyai peran penting dalam proses pembentukan system penglihatan yang baik.

Buah mengandung Vitamin A

 Ada beberapa senyawa didalam vitamin A yang dikelompokkan dalam vitamin A ini,di antaranya adalah retinol, retinil pelmitat, dan juga retinil astetat. Nah, apa sajakah makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A ? Silahkan di baca dengan seksama agar Anda tahu makanan dan buah yang mengandung Vitamin A yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan mata Anda.

 1. Cabai merah 
Buah yang satu ini memiliki rasa yang pedas, namun di dalam rasanya yang pedas ini ternyata cabai merah banyak sekali mengandung Vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata Anda. Tak salah jika banyak orang yang suka makan pedas memiliki penglihatan yang baik.

2. Wortel 
Sayuran yang sering digunakan untuk masakan dan banyak digunakan untuk makanan kelinci ini memang sangat banyak sekali mengandung Vitamin A. Wortel juga dapat menurunkan hipertensi, dan wortel juga bisa untuk menghilangkan nyeri akibat menstrusi.

 3. Tomat 
Sayuran yang satu ini berbentuk bulat ini juga kaya akan kandungan vitamin A. Satu buah tomat yang berukuran sedang sudah cukup untuk mencukupi 20% dari kebutuhhan vitamin A tubuh. Banyakanlah sering makan buah yang satu ini agar tubuh Anda tidak kekurangan Vitamin A.

 4. Bayam 
Sayuran hijau ini juga banyak sekali mengandung Vitamin A yang terdapat pada bayam. Kandungan beta karoten didalam sayuran bayam hampir sama dengan kandungan beta karoten yang ada didalam sayuran wortel. Bayam juga mengandung zat besi, yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan anda.

5. Papaya
Buah enak murah meriah ini juga mengandung kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Sebuah papaya berukuran kecil sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 29% vitamin A tubuh. Jika Anda sering makan buah yang satu ini, berarti anda sudah pernah merasakan buah yang sangat lezat ini.

6. Olahan Dari Bahan Susu
 Susu dan hasil olahannya seperti keju juga mengandung vitamin A yang berguna untuk tubuh kita.banyak sekali olahan yang dapat anda buat dari bahan susu ini, misalnya roti susu, puding susu, minuman susu, dan masih banyak lagi.

 7. Pisang
Buah yang satu tak hanya murah dan enak, pisang juga banyak mengandung vitamin A yang biak untuk tubuh anda. Selain dapat dimakan langsung, olahan pisang sekarang juga sudah banyak variasinya. Namun, pelu diperhatikan, jangan terlalu matang untuk mengolah pisang ini agar kandungan gizinya tetap terjaga. Makanan lain yang memiliki kandungan vitamin A tinggi.

 8. Umbi – umbian 
Umbi – umbian juga merupakan salah satu sumber vitamin A bagi tubuh kita. Jenis umbi yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning, ubi kukus, ubi jalar merah, dan ubi rambat merah. Untuk memperkaya Vitamin A dalam tubuh Anda, maka banyaklah mengonsumsi tanaman umbi-umbian ini yang dapat anda beli di pasar atau di kebun.

9.Sawi 
Sawi adalah jenis sayuran hijau yang mudah kita temukan. Sawi termasuk dalam kelompok tanaman kubis atau sayur persilangan. Sawi ditemukan dengan beberapa jenis dan bentuk yang berbeda. Di Indonesia sayur sawi disebut berdasarkan warna seperti sawi hijau, chaisin, atau sawi putih. Semua jenis sawi mengandung vitamian A hingga 9.760 per 50 gram. Kandungan vitamin A dalam sawi semakin tinggi bila telah direbus atau dimasak paling tidak sekitar 5 menit. Manfaat sawi untuk kesehatan ternyata juga sangat besar, berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda ketahui:

Baca juga : Tips Ampuh mengencangkan kulit wajah secara Alami

Nah, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda agar tetap vit maka seringlah mengkonsumsi beberapa makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A. Dan jangan sampai mata Anda rusak karena kekurangan Vitamin A di dalam tubuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar makanan dan buah yang mengandung Vitamin A, silahkan ditanyakan saja dengan cara memberikan komentar relevan di bawah artikel ini, secepatnya saya akan menjawab pertanyaan sesuai yang Anda ajukan. Terimakasih atas kunjungannya.

8 komentar:

  1. Dibahas juga vitamin lainnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, nanti saya bahas vitamin lainnya

      Delete
  2. Salam Friendly, mantap sekali, sangat bermanfaat buat kesehatan mata dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, vitamin A memang sangat bagus untuk kesehatan mata.

      Delete
  3. Wah mantap banget nih jadi tahu saya makasih atas informasinya

    ReplyDelete
  4. saya paling suka makan wortel capcay... sedap buatan ibu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu gan,, bermanfaat banget untuk kesehatan mata

      Delete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.