Cara Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar

Cara memilih template untuk blog yang baik dan benar- Template merupakan Thema untuk Blog yang sekarang banyak sekali model dan style template bertebaran di internet. Kali ini saya ingin berbagi ilmu bagaimana cara memilih template untuk blog yang baik dan benar sehingga template akan Anda dapatkan sesuai keinginan dan tentunya di rekomendasikan oleh Google. Apa saja peralatan, tool, dan cara memilih template yang baik dan benar ? Silahkan di simak tutorial saya ini sampai selesai.


Menurut pengalaman saya sendiri, templat yang baik dan di rekomendasikan oleh Google adalah template yang responsive, yang artinya dapat menyesuaikan lebar ukuran broowser ataupun saat blog itu di buka oleh pc maupun smartphone yang memiliki ukuran layar berbeda-beda. Template rekomendasi google selanjutnya yaitu template yang memiliki fitur mobile friendly, fitur ini sama seperti responsive, template harus bisa menyesuaikan ukuran layar smartphone mobile agar pengguna Blog Kita nyaman saat menjelajaho Blog kita tanpa men Zoom in Zoom out tampilan Blog.

cara memilih template yang baik dan benar
Templat Yang Baik


Sebelum Anda mencari template dan berburu template yang di rekomendasikan oleh Google, alangkah baiknya jika Anda menggunakan peralatan, tool yang sangat bagus dan bermanfaat untuk mengecek template sebelum di terapkan di Blog Anda.

  • Mobilefriendly Test : Situs ini merupakan situs yang di bangun oleh google untuk pengguna blog agar mengecek apakah Blog mereka sudah mobile friendly ataukah belum. Caranya silahkan masuk dulu ke situs tersebut kemudian pastekan url blog Anda, jika mobile friendly akan ada pesan "mengagumkan laman anda mobile friendly" dan jika tidak mobile friendly akan ada pesan "maaf laman anda tidak mobile friendly". Jadi, menggunakan template yang mobile friendly sangatlah penting untuk mengoptimalkan artikel anda di search enggine.
  • Responsinator : Situs yang sering saya gunakan untuk mengecek apakah template tersebut sudah responsive ataukah belum. Anda tinggal mencopas saja url template blog demo yang ingin Anda download, di sana akan tersedia beberapa tangkapan layar yang mirip seperti smartphone. Jadi gunakanlah situs ini sebelum Anda mendownload template pilihan Anda.
  • Pagespeed : Setelah menge test template dengan ke dua situs di atas, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah mengetest kecepatan loading blog, apakah sudah cepat ataukah masih lambat loading template blognya. Sama seperti situs di atas, untuk mengecek kecepatan loadng template pilihan Anda, silahkan copas url demo templatenya kemudian klik tombol analisi. Jika warna dari versi mobile dan desktop warnanya kuning, berarti template Anda masih kurang cepat, dan jika warnanya hijau berarti template Anda sudah cepat.
Nah, itu adalah beberapa situs yang saya rekomendasikan untuk Anda yang sekarang ini sedang mencari template. Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan sedi design Template Blog tersebut, apakah sudah tertata dengan rapi ataukah berantakan, dari segi tata letak widget maupun baner iklan. Template yang simpel akan membuat pengunjung merasa betah dan nyaman berlama-lama di Blog Anda, namun sebaliknya jika template Blog yang Anda gunakan berantakan, maka akan membuat pengunjung blog Anda tidak betah dan menyulitkan navgasi untu menjelajahi Blog Anda.

Itulah beberapa cara memilih template blog yang baik agar memudahkan para pengunjung Blog nyaman dan betah berlama-lama di blog. Namun jangan terlalu sering mengganti tampilan atau tema Blog Anda, Saya sudah menyiapkan banyak template yang di rekomendasikan google yaitu responsive, mobile friendly, fast loading, silahkan di cek ke : Koleksi Template SEO responsive rekomendasi Google .Di sana banyak sekali pilihan template dengan design, style yang berbeda-beda namun tetap bagus dan sangat di rekomendasikan untuk kemajuan Blog Anda nantinya. Terimakasih.

10 komentar:

  1. bener gan, karena sekrng 40% pengguna internet mengakses lewat smartphone..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, jadi perlu make template yang memiliki fitur responsive dan mobile friendly

      Delete
  2. Salam Friendly, benar sekali sobat, memang sangat dicari template blog yang ringan dan cepat, sehingga visitor pun bisa betah.. :)

    ReplyDelete
  3. kalo sekarang sih yang paling diutamain harusnya responsive soalnya mayoritas ngeakses lewat mobile

    ReplyDelete
  4. bener gan responsive , cepat dan simple..jadi betah pengunjung liyatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi artikel jga harus berkualitas, jangan cuman make template yg rresponsive, cepat

      Delete
  5. Kalau saya untuk mengecek responsive biasanya menggunakan ami.responsivedesign.is, karena tampilannya lebih elegan. Cocok untuk membuat screen capture blog kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga make ami itu gan buat ambil ss template yg saya share

      Delete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.