Menjaga Kesehatan Mata Sering Di Depan Komputer

Rofiqmedia- Mata adalah indra penglihatan manusia yang berguna untuk melihat benda di sekitarnya, namun bagaimana jika mata kita rusak karena terlalu sering dan berlama-lama di depan komputer ? Komputer merupakan salah satu bagian penting daam kehidupan sehari-hari kita, misalnya hanya untuk sekedar bermain game, mengerjakan tugas, bisnis online, dan masih banyak lagi hal yang bisa Anda lakukan melalui komputer.

Namun jika terlalu lama di depan komputer akan menimbulkan bahaya kesehatan yaitu kerusakan pada indra penglihatan kita, mata kita bisa rusak jika terlalu sering dan berlama-lama di depan komputer. Nah, pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan bagaimana agar mata kita tidak rusak saat berlama-lama di depan komputer.

menjaga kesehatan mata di depan komputer
kesehatan mata

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah waktu. Ya, jangan terlalu lama di depan komputer sampai lupa waktu. Biasakan untuk mengatur waktu Anda saat di depan komputer, jangan terlalu lama bermain-main dengan komputer.

Yang kedua yaitu jangan terlalu dekat dengan layar monitor, jika Anda tidak mengatur jarak mata dengan layar moitor akan dapat menimbulkan mata Anda menjadi rusak. Jarak ideal untuk bermain di depan komputer yaitu 40cm atau lebih, jangan terlalu dekat saat di depan komputer, dan idealkan agar dari jarak maksimal mata Anda dapat dengan jelas melihat layar monitor.

Yang ketiga adalah mengatur pencahayaan  layar monitor komputer, pencahayaan yang terlalu terang akan dapat menyebabkan mata menjadi sering lelah dan berakibat pada kerusakan mata. Atur pencahayaan layar monitor Anda seminim mungkin, atau jangan terlalu cerah. Anda juga bisa memasang pelindung layar monitor yang gelap.

Selanjutnya yaitu tempatkanlah komputer di ruang yang cukup cahaya. Menempatkan komputer pada ruang yang cukup cahaya bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata Anda. Akan lebih baik jika sewaktu Anda ingin berlama-lama di depan komputer memakai kacamata hitam atau pelindung layar film gelap untuk monitor komputer Anda.

Yang terakhir yaitu biasakan untuk mengistirahatkan mata secara berkala. Mata yang sudah lelah atau tidak kuat lagi untuk melihat sebaiknya di gunakan untuk tidur atau melihat pemandangan yang dapat merefres kesegaran otot mata yang tegang oleh lamanya bermain atau terlalu sering di depan komputer. Dan jangan lupa untuk sering mengkonsmsi makanan yang mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata Anda agar tetap sehat.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata pemandangan atau berekreasi untuk melihat hal-hal baru selain layar komputer, akan lebih baik jika di gunakan untuk tidur sejenak sampai mata benar-benar fit untuk di ajak bermain lagi di depan komputer. Nah itu saja sudah cukup untuk mengurangi penyakit mata dan menjaga kesehatan mata yang terlalu lama di depan komputer.

20 komentar:

  1. Wah makasih atas informasinya saya sering di depan monitor juga nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gan,, tapi harus jaga kesehatan mata gan,, jangan terlalu lama di depan komputer

      Delete
  2. sip cahaya di dalam ruangan harus tetap terjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener itu gan,, untuk menghindari kerusakan mata

      Delete
  3. Asupan makan wortel direbus sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, wortel kan mengandung banyak vitamin A,, yang sangat bagus untuk kesehatan mata

      Delete
  4. Salam Friendly, benar sekali sobat, mata adalah harta yang paling berharga, kita harus bisa menjaganya dengan baik.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh gan,, bener sekali apa kata ente

      Delete
  5. Kalau masalah pencahayaan dan jarak saya sudah bisa mengaturnya bang... Tapi soal waktu penggunaan komputer itu lohh... :3 Masih dipertanyakan... Gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya di batasi saja gan penggunaan komputernya, paling tidak 2 jam sehari saja

      Delete
  6. Efek nya itu memang ga bagus buat kesehatan kita, tapi entah kenapa ya kalo seorang blogger mata nya pada kuat2 banget di depan layar, contoh nya kaya ane aja kalo lagi ngeblog bisa lebih dr 5 jam

    ReplyDelete
  7. persetan dengan mata yang penting ane slalu ngegame dan ngeblog. :v :v

    ReplyDelete
  8. Wah saya sering di depan monitor sering sering aja makan wortel... :v
    Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  9. Thanks buat tips.a gan
    Tpi slain itu sring" melihaat pemandangan yg indah nan hijau gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jga bagus gan untuk relaksasi otot mata

      Delete

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan relevan,silahkan kunjungi blog ini lagi lain waktu.